Senin, 19 Desember 2016

PER-SATU-AN

Persatuan kata dasarnya satu.  Artinya jika dikasih imbuhan akan menjadi kuat maknanya.  Kali ini kita membahas tentang persatuan.  Haha kayak saya mau mengajar saja.

Saya bukan iseng untuk belajar tes CPNS di bab kewarganegaraan (tes wawasan kebangsaan). "Hasil tes CPNS kemaren bagian ini rendah bro.  Harus dipupuk lagi rasa Cinta Indonesia" Owalahnya saya terkagum kagum dengan kunci jawaban soal dari tes kewarganegaraan ini mamen sehingga saya tertarik untuk menuntaskan tulisan ini. 

Andai kita pahami bahwa Pancasila dan UUD 1945 murni sebagai dasar dan hukum Negara kita akan merasa damai Indonesia (lebih penting juga pahami Al-Quran dan Hadis pastinya) Why???  (Sok sok english gitu.  Hahaha).

Seperti soal tes kewarganegaraan ini.  Soalnya seperti ini :
13. Sila dalam pancasila yang menjadi fundamental etis kehidupan bangsa Indonesia adalah..
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Perasatuan indonesia
D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
E.  Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesian

Tahukah kalian jawabannya?  Pasti tahu bukan.  Kalo gak tahu liat kunci jawaban 😀
Jawaban yang benar adalah Ketuhanan yang Maha Esa,  kenapa?  Karena Sila pertama ini mendasari dan menjiwai keempat sila lainnya.  Keren bukan.  Ah jika kehidupan ini semudah jawab soal.  Eaa. (Kadang soal soal apa pun itu susah jawabnya kok Erni  😝😝)

Enak kan jika kita damai. Satu lagi soal yang menglitikku untuk aku share ke teman teman sekalian (kalo ada yang baca hahaha). Tentang Hak Asasi Manusia yang disingkat (HAM) . Prinsip hak asasi manusia di Indonesia ini terkandung dalam pembukaan UUD 1945 lo.  Langsung saja kejawabannya.  Pasti hafal lah Alinea 1 UUD 1945 (wong saya dulu SD kelas 4 disuruh ngapalin UUD 1945 yo,  terus pas SMA kalo upacara jadi pembaca UUD 1945 haha sombong)😊😊😊.
Selanjutnya,
Hak asasi manusia tercantum di Alinea 1 adalah "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan,  karena tidak sesuai dengan perikemanusian dan perikeadilan". (Nah lo kalo ada penjajahan diatas dunia harus dihapus termasuk di Aleppo,  itu menurut saya ya). HAM juga terkandung pada Alinea IV dan Batang Tubuh UUD 1945, secara garis besar juga tercantum pada pasal 27-34 (hak bidang politik,  ekonomi,  sosial budaya,  dan hankam). 
Catet ya ini untuk warga Indonesia.  Plis untuk warga asing jangan malah menghancurkan persatuan kami.  #eaaa. 

Kayaknya saya,  masyarakat laen dan pastinya pemerintah harus mendalami arti pancasila dan UUD 1945 yah.  Biar tumbuh rasa nasionalisme.  #ahgayasekali saya ini (baru baca secuil sudah sok pintar  😅😅).

Oke mungkin cara ini biar bisa cepet belajar tes wawasan kebangsaannya.  Cemungudh Kakak.




Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML